Friday, October 9, 2015

BSMI Jayawijaya: 43 Keluarga Jadi Korban Pembakaran Masjid di Tolikara


Warga muslim di Hitigima, Jayawijaya bersama-sama merayakan Idul Fitri 1436 H/BSMI Cab Jayawijaya
Warga muslim di Hitigima, Jayawijaya bersama-sama merayakan Idul Fitri 1436 H/BSMI Cab Jayawijaya

Jayawijaya, Deendaily.com- Sedikitnya 43 keluarga menjadi korban dan harus mengungsi lantaran kios dan rumahnya terbakar dalam peristiwa pembakaran Masjid Baitul Muttaqin, Karubaga. Pembakaran yang dilakukan oleh massa dari Gereja Injili di Indonesia (GIDI) itu terjadi saat kaum muslim hendak melaksanakan shalat idul fitri di Karubaga, Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua.
Hal tersebut terungkap dari keterangan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Cabang Jayawijaya, “Data yang berhasil kami kumpulkan ada 43 keluarga yang membutuhkan bantuan karena usaha dan rumahnya ikut terbakar” ujar BSMI Cabang Jayawijaya, (19/7).
Lebih lanjut, lembaga kemanusiaan yang bermarkas di Jalan Sumbawa No 4 Wamena, Papua itu juga menyatakan korban membutuhkan bantuan sandang dan pangan, “Pihak masjid sudah melayangkan surat permohonan bantuan ke Baitul Mal, MUI dan Bazda. Selain itu ketua HIKMA perkumpulan masyarakat Enrekang (di Tolikara-red) dan beberapa tokoh meminta pemerintah untuk segera membangun kembali masjid di Tolikara” jelas BSMI Cabang Jayawijaya melalui akun twitter resminya @BsmiJayawijaya.
Sementara itu sebagian korban dari masyarakat muslim tetap bertahan di Karubaga dan sebagian lainnya sudah berada di Wamena dengan alasan keamanan.
“Kondisi sekarang sudah aman terkendali, jangan lagi kita memperkeruh suasana. Mari kita hadapi dengan hati yang lapang dan kepala dingin, semua insya Allah ada solusinya” demikian tulis BSMI Cabang Jayawijaya. (STA)
Sumber

No comments:

Post a Comment